Asik banget memang main game menggunakan Laptop, selain portabel bisa dibawah kemana2 serta bisa dimainkan dimana saja. Untuk game kategori ringan pastinya tidak masalah menggunakan Laptop biasa (dengan spesifikasi rata2) tapi bagaimana kalo yang kita mainkan jenis Game Berat? Pastinya laptop bisa gk tahan.
spesifikasi laptop buat game

Lalu, Laptop jenis apakah yang cocok buat main game berat? Sebenarnya syarat utama agar kita bisa memainkan Game laptop yang berat adalah pada spesifikasi hardware si Laptop tersebut!!


Menurut Joe Raharjo, technical dan sales Pemmz, perusahaan spesialis penyedia permainan Laptop Game, mengatakan bahwa ada tiga hal yang harus diperhatikan agar Laptop tidak macet atau cepat panas saat memainkan game kategori berat tersebut, yaitu kartu VGA, prosesor, dan RAM. Semakin berat jenis game yang kita mainkan, maka semakin tinggi VGA yang harus digunakan, minimal VGA jenis GT750.


"Dan untuk game-game ringan misalnya game online seperti Counter Strike atau game-game di Facebook, VGA GT720 sudah cukup," katanya kepada ANTARA News disela pameran Indocomtech 2013 di Jakarta, Minggu. "Kalo untuk game berat sekelas Resident Evil atau Crysis 3, main di VGA GT750 ke atas," katanya.


VGA, menurut Joe, berkaitan dengan FPS (frame per second). FPS merupakan banyaknya frame yang diproduksi VGA per detik. "FPS yang normal itu 30 (frame per detik). Kalo di atas 30 itu main game-nya udah keliatan full detailnya. Karena grafisnya lebih smooth," ujarnya.


Selain VGA, diperlukan spesifikasi prosesor yang tepat pula agar game bisa dimainkan dengan baik. Memainkan game diperlukan minimal prosesor sekelas i5, jika pakai Intel. "Prosesor aman untuk game itu i5. Kalo i3 bisa nggak bisa. Tapi tergantung main game-nya apa dulu. Nggak semua game nyaman pakai i3. Untuk i3 game kayak Counter Strike aman. Tapi kalo game Need For Speed yang i5," ujarnya.


Mengenai RAM, untuk keperluan game dengan kategori medium, Joe menyarankan RAM 4GB. "Kalo buat maen game yang medium itu i5, VGA yang aman itu GT750 ke atas. RAM-nya 4GB. Itu udah minimum," ujarnya.


Setelah mempertimbangkan ketiga hal di atas, barulah para gamer memikirkan hal lain seperti hard disk pada Laptop. Sebelum memutuskan membeli laptop untuk keperluan game hendaknya para gamer menentukan dulu jenis game yang akan dimainkan, berapa budget-nya. Sumber artikel http://www.antaranews.com/berita/403417/perlu-spesifikasi-cukup-untuk-main-game-di-laptop

Nah..lalu berapa budget yang harus diperlukan untuk Laptop buat game berat ini? Banyak merk laptop yang cocok buat game berat misalnya Laptop Asus, Dell, Toshiba, Lenovo, Xenom, Gigabyte dan lainnya, kisaran harga sekitar 5jutaan hingga 24jutaan.

tulisan lainnya disini:
Laptop Acer cocok untuk Desain grafis dan cetak-foto
Laptop yang cocok buat Mahasiswa
Download Game Laptop Gratis paling asik